File:Mak Yong Bintan.jpg

Original file(3,000 × 2,043 pixels, file size: 3.88 MB, MIME type: image/jpeg)

Summary

Description
Bahasa Indonesia: MAK Yong adalah seni tradisi Melayu yang menggabungkan unsur tari dan musik (disertai nyanyian pelakonnya), serta tutur cerita. Kesenian ini dimulai dengan ritus sakral yang disebut upacara ‘buka tanah’ dan diakhiri dengan ritual serupa. Mak Yong konon berasal dari Nara Yala, daerah Patani (saat ini masuk wilayah Thailand Selatan). Dari sana, kesenian itu kemudian menyebar ke Kelantan (Malaysia) sekitar 200 tahun yang lalu. Dari Kelantan, Mak Yong lantas masuk Singapura, kemudian menyeberang ke Riau, Indonesia. Kisah Mak Yong di Indonesia menarik untuk ditelaah dan dipelajari sebagai warisan budaya tak benda yang memperlihatkan keterkaitan budaya Melayu di tiga negara berbeda.

Banyak kisah disampaikan mengenai asal dan makna Mak Yong, dari kisah yang sifatnya sakral, dongeng, hingga ke pemaparan akademis dari para ahli. Jeanne Cuisinier dalam Dances Magiques de Kelantan (1931), misalnya, mengartikan Mak Yong sebagai roh leluhur (Mo Yang ‘nenek’ dan Po Yang ‘datuk’). Menurutnya, Mak Yong berasal dari Main Puteri, yaitu sejenis upacara pengobatan yang dilakukan dengan iringan tarian dan nyanyian. Adapun Walter William Skeat dalam Malay Magic Being: An Introduction to the Folklore and Popular Religion of the Malay Peninsula (1967) berpendapat, Mak Yong berasal dari kata Mak Hiang yang berarti roh ibu atau roh padi. Mak Yong bersifat sakral karena pada setiap pertunjukannya diawali dan diakhiri dengan ritual ‘buka tanah’ dan ‘tutup tanah’ yang dilakukan oleh seorang bomoh, orang yang khusus memiliki keahlian dalam bidang supranatural. Para pemain, termasuk di dalamnya para pemusik dan penari, diberi air dan mantra yang dipercaya dapat membuat mereka bermain dengan baik. Semua peralatan yang dipakai dalam pementasan juga diberi mantra. Secara khusus, pemeran utama, topeng, dan peralatan musik berupa gendang dan rebab diberi lagi mantra dan jimat lain. Pada upacara buka tanah, bomoh meminta izin dan minta maaf kepada para leluhur. Selama upacara ini berlangsung, tidak boleh ada seorang pun yang melintas di depan arena pertunjukan karena dikhawatirkan mengganggu ‘yang tidak kelihatan’. Setelah upacara ini selesai, lagu Menghadap Rebab dengan tari Ular Sawah dipertunjukkan. Kemudian cerita Mak Yong dimulai dengan lagu pembukaannya, Betabik. Cerita ditampilkan melalui dialog para tokoh dan lagu-lagu yang dinyanyikan dengan iringan musik dan tarian. Pada akhir pertunjukan, bomoh akan menutupnya dengan upacara ritual yang biasa disebut upacara ‘tutup panggung’.

Sumber: https://mediaindonesia.com/weekend/402292/mak-yong-kesenian-leluhur-tanah-melayu

Sumber: https://mediaindonesia.com/weekend/402292/mak-yong-kesenian-leluhur-tanah-melayu

Sumber: https://mediaindonesia.com/weekend/402292/mak-yong-kesenian-leluhur-tanah-melayu
Date
Source Own work
Author Amriyadibahar

Licensing

I, the copyright holder of this work, hereby publish it under the following license:
w:en:Creative Commons
attribution share alike
This file is licensed under the Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International license.
You are free:
  • to share – to copy, distribute and transmit the work
  • to remix – to adapt the work
Under the following conditions:
  • attribution – You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
  • share alike – If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same or compatible license as the original.


Captions

Add a one-line explanation of what this file represents

12 December 2018

0.02 second

120 millimetre

image/jpeg

File history

Click on a date/time to view the file as it appeared at that time.

Date/TimeThumbnailDimensionsUserComment
current03:22, 31 August 2021Thumbnail for version as of 03:22, 31 August 20213,000 × 2,043 (3.88 MB)AmriyadibaharUploaded own work with UploadWizard
The following pages on the English Wikipedia use this file (pages on other projects are not listed):

Global file usage

The following other wikis use this file:

Metadata